Wisatawan Terkepung Eceng Gondok di Perairan Waduk Jatiluhur Purwakarta

oleh -34 views

PURWAKARTA, garisjabar.com– Tim search and rescue (SAR) gabungan mengevakuasi 23 wisatawan terjebak eceng gondok saat wisata di perairan Waduk Jatiluhur.

Kasat Polair Polres Purwakarta, AKP Jajang Iskandar mengatakan, mereka yang terjebak merupakan pemancing yang sengaja datang ke Waduk Jatiluhur. Namun ketika perjalanan menuju pulang perahu yang mereka tumpangi terjebak eceng gondok dan sulit bergerak.

Selain itu, setelah diperkirakan dua jam berjibaku membuka jalur akhirnya tim tiba di lokasi dimana wisatawan terjebak.

“23 wisatawan kemudian dievakuasi dari perahu yang sebelumnya ditumpangi para korban ke perahu barlow polairud,” kata AKP Jajang Iskandar, Senin (18/10/2021).

Namun itu, adapun 23 wisatawan yang terjebak adalah 20 dewasa dan 3 orang usia anak-anak, mereka berasal dari berbagai kota seperti Jakarta, Bogor, Subang, Tanggerangan Bekasi.

Ia mengaku menerima laporan sekira pukul 19.00 WIB malam tadi kemudian bergerak ke lokasi dan melakukan pencarian. “Semuanya sudah dievakuasi dan kembali ke rumah masing-masing,” ujar dia.

Sementara itu, salah seorang wisatawan, Heri Hermawan mengaku tiba di Jatiluhur siang hari kemarin dan meminta tukang perahu untuk mengantarkan untuk ke lokasi pemancingan.

Hal itu, di sore hari ketika hendak pulang jalur tertutup eceng gondok dan perahu sulit bergerak. “Akhirnya kita bisa ke bibir danau mendapat pertolongan petugas sekira pukul 22. 00 WIB,” ungkapnya.

Namun ia pun mengatakan, sebelumnya telah melakukan berbagai upaya agar bisa keluar dari kepungan eceng gondok, seperti membuka jalur sendiri hingga berenang namun tidak berhasil.

“Akhirnya kita menunggu petugas dan alhamdulilah keluar dari kepungan eceng gondok,” ucap Heri, kepada awak media. (Rsd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *