Terminal Leuwipanjang Mulai Beroprasi Hari ini

oleh -163 Dilihat
Heri Anwar

Garisjabar.com- Terminal Leuwipanjang dan Cicaheum mulai beroperasi hari ini,  Sabtu (13/6/2020) setelah sebelumnya operasionalisasi dua terminal di Kota Bandung tersebut diberhentikan selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Kepala Bidang Manajemen Transportasi dan Parkir Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Khairul Rizal, mengatakan keputusan tersebut didapat usai pihaknya menggelar rapat koordinasi dengan semua stakeholder, termasuk perusahaan otobus (PO).

“Kemarin kami sudah melakukan rapat koordinasi dengan semua instansi terkait, termasuk dengan perwakilan pengusaha bus yang ada di leuwipanjang dan Cicaheum. Intinya, kesiapan dari semua pihak untuk mengoprasikan terminal pagi Jam 05.00 WIB terminal Leuwipanjang dan Cicaheum resmi  di buka operasional kembali,” kata Rizal.

NamunIa menyampaikan, untuk protokol kesehatan yang harus dilakukan antara lain, menggunakan masker, melalui lorong disinfektan serta mematuhi phsycal distancing.

“Untuk penumpang wajib pakai masker, melalui lorong disinfektan, kita siapkan hand sanitizer, thermo gun, pokoknya standar protokol kesehatan,” kata Rizal.

Selain itu, pihaknya mengatakan, meskipun pembatasan 50 persen ‎penumpang sudah dihapuskan oleh Kementerian Perhubungan, namun menurutnya di Kota Bandung masih akan diberlakukan aturan tersebut.

“Secara kapasitas, memang 50 persen sudah di hapus tapi untuk Bandung di tahap awal kita baru mengizinkan maksimal 50 persen, agar physical distancingnya tetap terjaga,” katanya.

Kemudian, sistem pembelian tiket, nantinya hanya diperbolehkan dilakukan ‎di terminal saja. Sehingga ia merekomendasikan bus tidak mengangkut penumpang selain di terminal.

“Penjualan tiketnya tidak di dalam Bis, tapi nanti di bawah ada meja atau loket yang di siapkan di bawah, jadi nanti masyarakat beli dulu di bawah baru naik bis. Di dalam Bis juga disarankan hindari tidak terjadi percakapan,” ucapnya. (Frn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *