Jusuf Kalla, Pengurus Mesjid Bersihkan Sebelum Salat Idul Adha

oleh -22 views

 

JAKARTA, garisjabar.com- Dewan Mesjid Indonesia (DMI) diminta kepada pengurus masjid untuk membersihkan sebelum dan sesudah pelaksanaan salat Idul Adha.

Hal ini, pembersihan dilakukan dengan menggunakan cairan disinfektan demi mencegah penyebaran virus corona Covid-19 tersebut.

Namun, Ketua Umum DMI Jusuf Kalla mengatakan, keselamatan jemaah harus diutamakan. Berdisiplin dalam menerapkan protokol kesehat nian pencegahan Covid-19, menurut ia penting untuk mencegah musibah lebih besar.

“Sebelum melaksanakan ibadah, masjid-masjid harus dibersihkan dengan disinfektan dan setelah salat, masjid harus dibersihkan lagi,” kata Jusuf Kalla di Graha BNPB, Jakarta yang disiarkan secara langsung, Kamis (30/7/2020).

Menurut Ia, sebelum pelaksanaan dan sesudah salat Jumat masjid juga haris dibersihkan dengan cairan disinfektan. Namun itu, upaya tersebut dinilai agar ibadah tetap bisa dilaksanakan bersama meskipun di tengah wabah ini.

“Dalam pelaksanaan salat Idul Adha dan salat Jumat, itulah 2 acara yang sangat penting,” ujarnya.

Namun selain itu, pengurus masjid juga diminta gencar mengingatkan masyarakat tentang berdisiplin menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak dan rajin mencuci tangan menggunakan air dan sabun.

“Di toa menara menyampaikan 3 hal displin. Itu seruan kepada masjid yang harus disampaikan 5 kali sehari,” ucapnya. (Rht)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *