Raih 25 Medali, Purwakarta Dorong Jabar Juara Umum Nasional Olah Raga 

oleh -140 Dilihat

PURWAKARTA, garisjabar.com- Prestasi membanggakan kembali diukir para atlet olahraga rekreasi dari Kabupaten Purwakarta. Mereka berhasil menyabet 25 medali dalam laga Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) Ke-7, pada 2-9 Juli lalu di Bandung, Jawa Barat.

Keberhasilan itu ikut mendorong Provinsi Jawa Barat menjadi juara umum nasional FORNAS yang digelar setiap dua tahun sekali.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika menyebut keberhasilan para atlet tersebut sebagai prestasi yang sangat membanggakan bagi kabupaten yang sangat terkenal dengan kuliner Sate Maranggi tersebut.

“Terlebih,keberhasilan atlet-atlet kita meraih medali itu juga ikut memberikan andil besar dalam mendorong Provinsi Jawa Barat menjadi juara umum nasional. Itu prestasi yang sangat membanggakan. Mereka telah mengharumkan Purwakarta dan Jawa Barat,”kata Bupati Anne Ratna Mustika, Selasa (11/7/2023).

Sementara medali yang diraih para atlet yang tergabung dalam Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Purwakarta itu terdiri dari 9 medali emas, 7 medali perak dan 9 medali perunggu.

Keberhasilan atlet-atlet Purwakarta itu melengkapi raihan total medali Kontingen Provinsi Jawa Barat sehingga menjadi juara umum FORNAS. yakni 169 medali emas, 162 medali perak dan 132 medali perunggu.

Untuk peringkat kedua FORNAS diraih kontingen Provinsi Jawa Timur dengan perolehan medali yakni 71 medali emas, 69 medali perak dan 64 medali perunggu.

Sementara peringkat ketiga diduduki kontingen DKI Jakarta dengan perolehan 67 medali emas, 66 medali perak dan 69 medali perunggu.

Kerja Keras KORMI

Menurut Bupati Anne Ratna Mustika, keberhasilan kontingen Purwakarta bisa berprestasi dan meraih medali tak lepas dari kerja keras berbagai pihak, mulai dari para atlet, pelatih, manajer hingga para pengurus induk olahraga (Inorga) dan para pembina yang tergabung dalam KORMI Purwakarta.

“Apresiasi setinggi-tingginya saya sampaikan kepada para pelatih, manajer, pengurus Inorga dan para pembina dari KORMI. Kekompakan dan kerja keras mereka menjadi jalan bagi para atlet kita sehingga bisa berprestasi dan meraih banyak medali,”ujar Bupati perempuan pertama Purwakarta.

Ketua KORMI Purwakarta Iyus Permana menjelaskan, dalam laga FORNAS Ke-7 itu, Kabupaten Purwakarta mengirim kontingen berkekuatan 214 orang. yang terdiri dari 189 atlet dan 25 pelatih.

Para atlet yang berlaga itu berasal dari 19 induk organisasi olah raga (Inorga) yang tergabung dalam Komite Olah Raga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Purwakarta.

Jenis olah raga rekreasi yang dikuti para atlet Purwakarta itu diantaranya olahraga taekowondo fun, karate, pendakian gunung, pencak silat, gulat tangan dan sejumlah olah raga tradisional yakni ketapel, egrang dan sumpitan.

Menurut Iyus Permana, keberhasilan atlet-atlet Purwakarta meriah berbagai medali di FORNAS, selain karena kerja keras para pegiat olahraga dari Inorga maupun KORMI, juga  tidak terlepas karena adanya perhatian yang serius dari Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika  dalam ikut membina dan memfasilitasi bebagai kegiatan olahraga rekreasi.

Perhatian serius Ibu Bupati itu, lanjut Iyus,  ditunjukan dengan sangat nyata saat menggelar Jambore KORMI Juni lalu yang dihadiri langsung oleh Menteri Pemuda Dan Olah Raga (Menpora) Dito Ariotedjo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Ibu Bupati juga memberikan perhatian dalam penyediaan berbagai venue olahraga sehingga sangat membantu para atlet dalam berlatih. Itu jadi salah satu faktor yang sangat membantu atlet kita sehingga bisa berprestasi dalam FORNAS,”ucap Iyus Permana. (Dni)