Bangunan Toserba Yogya di Atas Saluran Air Cigalugur Purwakarta, Sudah Menyalahi Aturan

oleh -247 Dilihat

PURWAKARTA, garisjabar.com- Sejumlah bangunan berdiri di atas saluran air di jalan Cigalugur Kabupaten Purwakarta, sehingga tidak sesuai dengan peruntukannya.

Sejumlah Toserba Yogya di Purwakarta itu diketahui dibangun di atas saluran air penghubung Kali Cigalugur.

Berdasarkan pengamatan Ketua LSM (GPRI) Gempar Peduli Rakyat Indonesia Kabupaten Purwakarta Tedi Sutardi di lokasi mengatakan, setidaknya sekitar bangunan yang dijadikan tempat usaha berdiri di atas saluran air.

Sejumlah bangunan itu menutupi saluran air yang memiliki lebar sekitar 3 meter. Keberadaan Toserba Yogya tersebut diduga sudah menyalahi aturan yang ada.

Menurut Tedi, aturan mendirikan bangunan di atas sarana air telah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung.

“Itu sudah jelas-jelas melanggar aturan undang-undang Nomor 28 tahun 2022,”kata Tedi. Kamis (21/7/2022).

Sementara pasal 14 menyebutkan bahwa standar perencanaan dan perancangan bangunan gedung harus meliputi ketentuan tata bangunan, ketentuan keandalan bangunan gedung, ketentuan bangunan gedung di atas dan/atau di dalam tanah, dan/atau air; dan ketentuan desain prototipe/purwarupa.

“Kemudian, Pasal 51 Ayat 2 mengatur bahwa ketentuan bangunan gedung di atas dan/atau di dalam tanah, dan/atau air dan/atau prasarana atau sarana umum harus mempertimbangkan,”ucapnya.

Tedi menyapaikan, pemerintah daerah Pemkab Purwakarta harus memanggil pemilik bangunan yang mendirikan gedung di atas saluran air. (Rsd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *