Polri & TNI Turunkan 2152 Personil Amankan Pilkades Serentak

oleh -199 Dilihat
Heri Anwar

Garisjabar.com- Sebanyak 2153 personil gabungan yang terdiri dari anggota POLRI dan TNI diturunkan untuk mengamankan Pilkades serentak 2019 yang tersebar di 30 kecamatan di Kabupaten Bandung.


Menurut, Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan mengatakan, para personel akan mengamankan 2098 TPS di 199 desa yang akan melaksanakan pencoblosan kepala desa pada 26 Oktober 2019 serentak ini.

“Besok sudah mulai pasukan masuk ke posisi masing-masing sampai dengan hari H. Kemudian H+1 baru kita tarik kembali,” ujar AKBP Indra Hermawan. Kamis (24/10/2019). 

Indra pun, setelah melakukan rapat internal, para personil pengamanan sudah paham dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku. Ia hanya memastikan bahwa para perwira pengendali di lapangan mampu untuk melakukan pengawasan. Kemudian untuk pola pengamanan, tiap 4 TPS ditempatkan 2 Polisi dan 8 Linmas. 

“Ada pengamanan TPS, pengamanan desa juga ada, Dalmas Polda juga kita tempatkan di rayon-rayon. Kami juga menempatkan brimob di zona. Kami juga dibantu oleh Yonif 330 dan Lanud Sulaeman,” kata dia.

Indra menuturkan, pihaknya telah melakukan pemetaan seluruh desa yang menggelar Pilkades serentak.

“Ada 8 desa yang kami waspadai, di sana akan dilakukan penebalan pengamanan,” ujarnya.

Namun, Ia pun menegaskan pihaknya tidak segan-segan memberikan tindakan tegas kepada pihak yang berupaya menganggu keamanan ke nyamanan juga kelancaran Pilkades.

“Kita negara hukum, aturannya sudah jelas, bagi pelaku perusakan, pengerokojan, penganiayaan atau pembakaran, sudah ada aturan semuanya. Jika membahayakan masyarakat umum, kami akan lakukan tindakan tegas terukur,” ucapnya.
 
Kapolres AKBP Indra Hermawan, juga mengimbau agar masyarakat selalu berlaku tertib dan memberikan hak pilihnya dalam Pilkades serentak. (Frn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *