Ibu Negara Bersihkan Sungai Pakancilan Bogor

oleh -218 Dilihat
Heri Anwar

BOGOR-Garisjabar.com

Iriana Joko Widodo bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE) dijadwalkan melakukan kampanye bersih sungai di Sungai Pakancilan dan Kali Baru Kabupaten Bogor.Kamis (19/9/2019).

Hal ini, Kasiter Korem 061 Suryakencana, Letkol Asep Muspidah mengatakan, persoalan tumpukan sampah di Sungai Cipakancilan dan Kalibaru di Kota dan Kabupaten Bogor menjadi perhatian pemerintah pusat.

“Kemudian dari pusat memerintahkan kita untuk membersihkan dengan titik awal di Kedung Badak Kota Bogor sampai Cilebut,” ujar Asep.

TNI AD bersama unsur elemen masyarakat dan Pemerintah Kota dan Kabupaten Bogor kemudian turun ke lapangan membersihkan tumpukan sampah yang sudah menggunung di tepi maupun aliran sungai tersebut.

Satuan Tugas Ciliwung mendapati anak Sungai Ciliwung, yakni Sungai Cipakancilan, penuh dengan sampah. Warga telah menjadikan Sungai Cipakancilan dari kawasan Kedungbadak hingga Cilebut sepanjang dua kilometer, sebagai tempat pembuangan sampah raksasa selama puluhan tahun.

Sehingga Sekretaris Tim Satgas Ciliwung Kota Bogor, Een Irawan Saputra, mengatakan, temuan tersebut berawal dari survey yang dilakukan tim Satgas Ciliwung menyusuri anak sungai beberapa waktu lalu. Dari survey itu, Een mengatakan sepanjang sungai berisi sampah.

“Kita mulai fokus pada anak sungainya, karena CIliwung sudah mulai mendapatkan perhatian. Anak sungai kita perhatikan karena memang menjadi salah satu penyuplai sampah ke Ciliwung. Hasilnya memang betul, sepanjang penyusuran kami, sampah semua isinya, seperti tidak pernah ada perhatian dari anak sungai ini,” kata Een.

Ibu Negara bersama OASE juga dijadwalkan meninjau bank sampah dan memberikan paparan terkait gerakan Indonesia sehat di Wisma Dharmais, Sukaraja, Kabupaten Bogor. (Rht)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *