Bupati Purwakarta Raih Dua Penghargaan di Pemerintah Pusat

oleh -89 Dilihat

PURWAKARTA, garisjabar.com- Dua penghargaan bernilai strategis dari pemerintah pusat kembali berhasil diraih Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta.

Penghargaan yang diberikan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) itu untuk dua kategori yakni dalam pencapaian Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Level 3 dan Manajemen Resiko Indeks (MRI) Level 3.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, keberhasilan meraih dua penghargaan strategis itu menunjukan proses penyelenggaraan pemerintahan Pemkab Purwakarta telah dinilai berhasil baik dalam kategori pelaksanaan SPIP maupun MRI.

“Kita bersyukur atas keberhasilan meraih dua penghargaan dari BPKP tersebut. Penghargaan itu semakin memantapkan kita untuk terus meningkatkan semua kriteria keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan yang dterapkan baik melaui SPIP maupun MRI,”kata Bupati Anne, Kamis (25/5/2023).

Namun dua penghargaan itu diberikan melalui Deputi Kepala Badan Pengawasan Keuangan Dan Pembangunan (BPKP) Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Raden Suhartono. Penghargaan diberikan di Jakarta pada 5 Mei 2023 lalu.

Penghargaan SPIP diperoleh lantaran Pemkab Purwakarta dinilai berhasil menjalankan sejumlah kriteria bagi tercapainya efektifitas dan efesiensi pencapaian tujuan dalam penyelenggaraan pemerintahan negara.

Selain itu juga dinilai berhasil dalam keandalan pelaporan keuangan, pengamanan asset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

Sedangkan penghargaan MRI diperoleh karena dinilai berhasil memenuhi kualitas penerapan resiko pada lingkup Pemerintahan Kabupaten Purwakarta melalui perhitungan parameter penilaian resiko.

Menurut Anne Ratna Mustika, keberhasilan memperoleh dua penghargaan dari pemerintah pusat itu sesuai target yang ditetapkan, baik dalam kategori SPIP maupun kategori MRI.

“Pencapaian itu sesuai target yang kita tetapkan. Kita akan terus berusaha agar prestasi itu bisa kita tingkatkan,”ujar Bupati Anne.

Apresiasi Jajaran Pemkab Purwakarta

Bupati perempuan pertama Purwakarta itu mengatakan, keberhasilan meraih dua penghargaan itu merupakan apresiasi bagi seluruh jajaran Pemkab Purwakarta.

“Keberhasilan itu milik jajaran di semua instansi pemerintahan Kabupaten Purwakarta. Berkat kerja keras mereka semua penghargaan ini bisa diraih,” kata Bupati Anne Ratna Mustika.

Sementara BPKP sendiri menerapkan lima level dalam pemberian penghargaan tersebut. Kelima level itu meliputi, 1. Level Rintisan, 2. Level Berkembang, 3. Level Terdefinisi, 4. Level Terkelola dan Terukur, serta 5. Level Optimal.

Penghargaan dari BPKP itu semakin melengkapi berbagai penghargaan lainnya yang telah diraih sebelumnya oleh Bupati Purwakarta.

Seperti diberitakan, selama memimpin Purwakarta, Bupati Anne Ratna Mustika memiliki segudang prestasi, baik yang diraih secara personal, mau pun secara kelembagaan.

Orang nomor satu di Purwakarta tersebut politisi perempuan dari Partai Golkar paling populer untuk periode April 2023.

Kemudian penghargaan nasional Respon Imunisasi Terbaik dari Kementerian Kesehatan RI. Penghargaan tersebut diberikan dalam perayaan puncak Pekan Imunisasi Dunia (PID) 2023 Indonesia oleh Kemenkes RI di Jakarta, 7 Mei 2023.

Selanjutnya penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Awrad dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia pada pertengahan Maret lalu.

Penghargaan bidang pendidikan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek) pada 16 Februari 2023. Penghargaan yang diberikan melalui Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VI itu diberikan karena Pemkab Purwakarta dinilai sebagai kabupaten yang memiliki kontribusi luar biasa pada pendidikan tinggi.

Lalu penghargaan dari Gubernur Jawa Barat sebagai daerah yang Mendukung Program KB Pria Metode Opratif Pria (MOP) tahun 2023, pada 14 Februari 2023 lalu.

Pada 1 Maret 2023, penghargaan dari Gubernur Jawa Barat untuk Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Purwakarta dinilai sebagai Instansi dengan pencapaian standar pelayanan minimal sub urusan kebakaran tahun 2022 Kategori Tuntas Paripurna 100 persen. Penghargaan diberikan 1 Maret 2023 lalu.

Penghargaan lainnya adalah penghargaan dari Gubernur Jawa Barat untuk Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Disipusda) sebagai Penggerak Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) tingkat Provinsi Jawa Barat, 1 Maret 2023 lalu. (Dni)