Sapi Milik Peternak Asal Subang, Dibeli Presiden Jokowi Dengan Bobot 1 Ton 80 

oleh -50 Dilihat

Garisjabar.com– Seekor sapi milik seorang peternak asal Kabupaten Subang, Jawa Barat, telah resmi dibeli oleh Presiden Joko Widodo. Sabtu (8/6/2024).

Sementara sapi jenis simental itu akan dijadikan hewan kurban oleh Presiden Jokowi pada Idul Adha 2024 mendatang.

Peternak dari Kelompok Cinta Peternak Farm, Desa Kasomalang Kulon, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, terkejut sapinya kembali dibeli oleh Presiden Joko Widodo.

Namun sapi bernama Alien itu memiliki bobot satu ton 80 kg. Sapi jantan jenis simental tersebut berusia empat setengah tahun.

Menurut Pengelola Peternakan, Irwan Yusup, dirinya terkejut jika sapi miliknya kembali di beli presiden Joko Widodo untuk ke dua kalinya. Namun, dimana pada tahun kemarin sapi dengan berat satu ton tiga puluh lima menjadi pilihan untuk dijadikan hewan kurban yang nantinya dibagikan kepada masyarakat di Jakarta.

“Kalau perasaan mungkin kami merasa bahagia, walaupun ada rasa percaya tidak percaya sebelumnya, karena ini yang ke dua kalinya kita menerima keberkahan dari Presiden Jokowi,”kata Irwan Yusup.

Irwan pun mengatakan, sapi kita terpilih untuk dijadikan hewan kurban ke depan, yang nantinya akan di bawa oleh pihak kepresidenan.

Dia menyampaikan, untuk beratnya saat ini sekitar satu ton delapan puluh kg, ini lebih berat dari tahun kemarin.” Ini jenis sapinya simental, bukan peranakan dan usianya sekitar empat tahun setengah, untuk jenis sapi ini kita beri nama Alien dengan alasan mahluk aneh yang bikin orang penasaran.

Irwan Yusup menyebutkan, awal sapinya kembali di beli presiden Jokowi di datangi tim kesehatan dari Propinsi Jawa Barat, untuk melihat keberadaan sapi sehingga mereka langsung memeriksanya.

Setelah itu, keesokan harinya mereka memberi kabar bahwa sapi tersebut terpilih hingga memberikan harga.

“Untuk harga belum bisa di konfirmasi, namun kami sudah mou,”ucapnya.

Kata Irwan Yusup, kami masih mempunyai sapi yang besar dengan bobot beratnya sekitar sembilan ratus delapan puluh kg. Sapi yang berbobot tinggal satu lagi sekitar delapan ratus delapan puluh kg.

Sapi simental tersebut yang dipilih melalui proses seleksi, yang nantinya akan dijadikan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 2024 oleh Presiden Joko Widodo.

Sebelum dipilih, kondisi sapi dalam keadaan sehat dan sudah lolos pemeriksaan kesehatan hewan, sehingga di hari penyembelihan nanti, dagingnya bisa dinikmati masyarakat.

Hingga saat ini, sapi tersebut masih menjalani pemeliharaan dan perawatan khusus di kandang milik peternaknya. Sapi asal Kabupaten Subang itu akan dibawa ke Istana Presiden, Jakarta, saat mendekati Hari Raya Idul Adha. (Rsd)