Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tak Terpisahkan di Purwakarta

oleh -24 Dilihat
PURWAKARTA, garisjabar.com- Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan bagian tak terpisahkan dalam struktur Kurikulum Merdeka. Projek tersebut merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek dan dilaksanakan sesuai dengan tema-tema yang telah ditetapkan oleh Kemendikbudristek.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada Pembukaan Kegiatan Festival Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (FESPA) Berkebhinekaan Global, di SMA Negeri 1 Campaka, Senin (07/11/2022).

Menurutnya, pada agenda tersebut pelajar memperlihatkan inovasi mereka dalam bentuk sebuah festival. Hal ini merupakan bentuk daripada komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta terutama dalam penerapan Kurikulum Merdeka.

“Selain itu, hal ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi¬† anak-anak di Purwakarta. Semoga untuk ke depannya, para pelajar ini dapat menjadi generasi yang mampu menghadapi berbagai macam tantangan secara global,” kata Anne.

Namu diketahui juga bahwa kegiatan seperti ini sudah dilaksanakan di beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan menjadi percontohan sekolah yang lainnya.

Bupati Purwakarta juga mengapresiasi jajaran SMA Negeri 1 Campaka, karena telah menyelenggarakan kegiatan yang luar biasa ini. Bupati Purwakarta juga menyebut sekolah tersebut sebagai salahsatu SMA juaranya kreativitas dan inovasi anak-anak sekolah di Purwakarta.

“Profil Pelajar Pancasila adalah perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, terdapat enam poin dalam profil pelajar tersebut diantaranya; beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif,”ujar Anne.

“Hari ini saya menyaksikan langsung di SMAN 1 Campaka bahwa anak-anak Purwakarta ternyata memang sudah memperlihatkan inovasi kreativitas dalam bentuk sebuah festival, ini adalah bentuk dari pada komitmen kita,”ucapnya. (Dni)