Perayaan Nataru Puncak Bogor Tak Sampai Mencemari Ciliwung

oleh -171 Dilihat

Garisjabar.com- Perayaan malam pergantian tahun di wilayah Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dinilai berpotensi mencemari Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung.Rabu (25/12/2019).

Hal tersebut, disampaikan oleh Kepala Program Perencanaan dan Pengembangan Komunitas dari lembaga Pengkajian Perencanaan dan Pengembangan Wilayah (P4W) IPB University Arief Rahman.

“Selama ini yang terjadi adalah sejak air itu keluar dari perut bumi di wilayah Puncak, gunungan sampah sudah begitu besar dan itu menjadi masalah serius bagi daya dukung DAS Ciliwung,” ujar Arief, Selasa (24/12/2019) kemarin.

Namun, Arief mengingatkan hal itu karena populasi warga dan okupansi hotel di wilayah Puncak mengalami peningkatan sangat signifikan saat menyambut perayaan pergantian tahun ini.

Menurutnya, masih sangat minim edukasi yang dilakukan untuk mengampanyekan penyelamatan Ciliwung dari ancaman sampah tersebut.

“Masalah sampah masih menjadi persoalan serius yang sampai kini belum bisa diatasi,” katanya.

Arief menyampaikan, hal itu menjadi tugas semua pihak. Apalagi saat ini sudah memasuki musim penghujan.

Namun selain sampah, Arief mengatakan, penataan ruang ekosistem yang ada di hulu Ciliwung masih menyisakan masalah. (Rht)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *