Pemkab Purwakarta Distribusikan Bantuan Beras dan Telur untuk Penyandang Disabilitas

oleh -26 views

PURWAKARTA, garisjabar.com- Sebanyak 250 orang penyandang disabilitas di Kabupaten Purwakarta mendapatkan bantuan dari program Beas Welas Asih. Masing-masing menerima 10 kilogram beras dan 2 kilogram telur.

Demikian disampaikan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika pada agenda Penyerahan Bantuan Sosial untuk Disabilitas di Kabupaten Purwakarta yang dilakukan secara simbolis di Bale Maya Datar, Komplek Pemkab Purwakarta, Senin (19/7/2021).

“Bersama Forkopimda Kabupaten Purwakarta saya memberikan bantuan program Beas Welas Asih kepada masyarakat penyandang disabilitas. Terima kasih kepada semua jajaran yang ikut berpartisipasi dalam membantu masyarakat Kabupaten Purwakarta. Semoga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat, khususnya penyandang disabilitas selama penerapan PPKM Darurat di Kabupaten Purwakarta,” kata Ambu Anne.

Menurutnya, sesuai dengan arahan Presiden RI, Pemerintah Daerah, Provinsi dan Pusat berkomitmen bahwa dalam pelaksanaan PPKM Darurat ini. Pemerintah akan terus berupaya untuk menekan dampak yang timbul akibat pelaksanaan PPKM Darurat.

“Dalam kondisi pandemi Covid-19 dan PPKM Darurat ini, khususnya masyarakat disabilitas memiliki keterbatasan dan terkendalanya dalam beraktifitas karena masalah keterbatasan fisiknya. Sehingga untuk mencari mata pencahariannya sangat terkendala apalagi pada masa PPKM Darurat ini, mengingat masa tanggap darurat pandemi Covid-19 atau PPKM Darurat yang masih berlangsung dari tanggal 3 Juli sampai 20 juli 2021,” ujar Ambu Anne.

Melalui kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta, pada hari ini pihaknya melaunching pemberian bantuan sosial berupa beras Welas Asih dari cadangan beras Pemerintah Daerah sebanyak 10 kilogram dan telur ayam negeri sebanyak 2 kilogram per penerima untuk kelompok disabilitas di Kabupaten Purwakarta. Kelompok disabilitas ini sering termaginalkan, kadang terlewat dan tidak terdata untuk penerima bantuan sosial.

Bantuan sosial ini merupakan bantuan bencana sosial yang terdampak pandemi Covid-19 bagi kaum disabilitas di Kabupaten Purwakarta yang berjumlah 1.331 orang yang terdaftar, dimana setiap orang mendapatkan 1 (satu) paket.

“Pada hari ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta baru dapat memberikan sebanyak 250 paket dari target 1.331 paket, dimana bantuan sosial diperuntukkan bagi kaum disabilitas yang akan diberikan secara bertahap,” ucap Ambu Anne.

Pada kesempatan tersebut, Ambu Anne memberikan bansos secara simbolis kepada perwakilan para penerima. Selain itu, Ambu Anne juga memberikan uang kadeudeuh kepada 10 orang perwakilan.

Selaku Bupati Purwakarta, ia  mengucapkan terimakasih kepada Dinas Pangan dan Pertanian, Dinas Peternakan dan Perikanan, serta Dinas Sosial P3A yang telah membantu dan menfasilitasi bantuan sosial ini sehingga dapat diterima masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan.

“Diharapkan dengan bantuan sosial ini, kaum disabiltas dapat terbantu secara ekonomi, minimal tidak keluar rumah atau tidak melakukan kerumunan untuk membeli kebutuhan makanannya, sehingga dapat mencegah penyebaran pandemi Covid-19 di Kabupaten Purwakarta,” kata Ambu Anne.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Kapolres Purwakarta, Dandim 0619 Purwakarta, Kajari Purwakarta, Kepala Kementerian Agama Purwakarta, Sekretaris Daerah berserta Para Eselon 2, dan tamu undangan serta perwakilan penerima bantuan sosial. (Rsd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *