Nurmansjah Lubis Cara Penanggulangan Banjir di DKI

oleh -204 Dilihat

Garisjabar.com- Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta Nurmansjah Lubis mengapresiasi ide-ide untuk penanggulangan banjir saat Presiden Joko Widodo masih menjabat Gubernur DKI Jakarta bersama wakilnya Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Sabtu (7/3/2020).

“Dulu jaman Pak Jokowi-Ahok ada, bagus. Namanya cerucuk. Cerucuk itu dipasang di titik poin tertentu yang ada cekungan,” ujar Cawagub  Aca di kawasan Tendean, Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Hal itu, mekanisme dasar cerucuk tersebut, lanjut Aca dengan memasukkan air hujan ke dalam sungai bawah tanah yang dibuat itu.

“Nanti bisalah kami modified sedemikian rupa sehingga ada solusinya buat waduk atau sistem cerucuk yang ada di Jakarta itu harus disediakan,” katanya.

Namun itu, Nurmansjah juga mengkritisi cara penanggulangan banjir dengan mekanisme sumur resapan tersebut. Menurutnya, cara itu tidak cocok diterapkan dengan tanah di Jakarta.

“Tanah di Jakarta sumur resapan tak begitu efektif. Begitu hujan besar sumur sudah keburu penuh. Dia nggak bisa masuk ke dalam sungai abadi di dalam tanah ini,” ujar dia.

Sehingga, ia pun berkomitmen akan mengurangi banjir di Jakarta jika terpilih sebagai wakil gubernur yang akan mendampingi Anies Baswedan.

“Jakarta tidak akan tereduksi siginfikan kalau Nurmansjah jadi wagub,” ucapnya. (Rht)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *