KPU Kabupaten Purwakarta Lantik 2.788 Petugas Pantarlih Pilkada 2024

oleh -48 Dilihat
Heri Anwar

Garisjabar.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta melantik petugas pemutakhiran data pemilihan (Pantarlih) untuk Pemilihan Gubenur dan Wakil Gubenur, Jawa Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Purwakarta tahun 2024.

Namun pelantikan tersebut dilakukan di Kelurahan Cisereh, pada Senin (24/6/2024).

Menurut Ketua KPU Kabupaten Purwakarta, Dian Herdiana, mengatakan pelatikan ini dilakukan di setiap kelurahan.

“Hari ini akan dilakukan pelantikan secara serentak di tanggal 24 Juni ini, sebanyak 2.788 (Pantarlih) yang tersebar 1.421 TPS yang di petakan di awal kemarin,”Dian Herdiana.

Hadirnya (Pantarlih) untuk memastikan data yang diberikan oleh Disdukcapil melalui Kemendagri itu, untuk memastikan betul data tersebut apakah memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat.

Ketua KPU Dian Herdiana, usai dilantik, Pantarlih akan melanjutkan bimbingan teknis (Bimtek) di masing-masing wilayah.

Sehingga Pantarlih melaksanakan diberikan selama satu bulan, untuk memastikan data memenuhi syarat dan akurat.

Menurutnya, kalau untuk kerentanan itu tidak ada, karena kami melaksanakan data pemilih untuk keperluan pemilu kemarin ada beberapa hal yang perlu kami sampaikan terkait evaluasi.

“Evaluasi agar mereka lebih cermat dan lebih baik dengan harapan datanya betul-betul akurat,”ujarnya.

Selain itu, mereka diharapkan bisa memastikan warga Purwakarta semuanya masuk ke dalam DPT.

Sebagai informasi, petugas pemutahiran data pemilihan atau Pantarlih adalah petugas yang dibentuk oleh Panitia pemungutan suar (TPS) untuk melakukan pendaftaran dan pemutahiran data pemilih.

Pemutahiran Data pemilihan adalah kegiatan untuk memperbaharui data Pemilihan berdasarkan daftar pemilihan tetap (DPT) dari Pemilu dan Pemilihan Terakhir. (Rsd)