Festival Layang-Layang Antar OPD di Parang Gombong, Meriahkan HUT Purwakarta

oleh -136 Dilihat

PURWAKARTA, garisjabar.com– Festival layangan unik antar OPD ini diterbangkan untuk memeriahkan acara HUT hari jadi Purwakarta ke-191 dan Kabupaten Purwakarta ke-54, yang diselenggarakan di Kampung Parang Gombong, Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Purwakarta.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika, Polres Purwakarta, serta Kodim 0619 Purwakarta.

Namun para peserta berkumpul untuk mengadu ketangkasan bermain layangan dalam ajang Festival Layangan Perlaga sekaligus menyambut HUT hari jadi Purwakarta ke-191 dan Kabupaten Purwakarta ke-54.

Sementara, kegiatan festival layangan ini memang sengaja digelar di Kampung Parang Gombong, Desa Kutamanah, Kecamatan Sukasari, yang dianggap sebagai surganya para penerbang layangan. Hamparan lahan yang luas menjadikan kawasan wisata Parang Gombong ini menjadi tempat mengadu layangan tanpa ganguan.

Namun layangan yang dimainkan dalam festival, bukan layangan berukuran kecil yang biasa dimainkan anak-anak.

Selain itu, layang-layang dipamerkan dalam ukuran besar sampai mini. Ada juga peragaan permainan layang-layang yang bakal diikuti oleh para peserta.

Namun, ratusan festival layang-layang untuk menghibur masyarakat sekaligus mengedukasi anak-anak yang saat ini sudah melupakan permainan tradisional dan beralih menggunakan gadget.

Bupati Anne Ratna Mustika mengatakan, festival ini untuk mengangkat Parawisata di Sukasari, sekaligus memperkenalkan.

“Persentatif untuk main layangan didekat danau, karena untuk di tempat yang lain susah untuk menemukan angin, kalau di sini begitu kencang anginnya,”kata Bupati Anne. Sabtu (13/8/2022).

Selain itu, festival layang-layang ini, untuk melestarikan salah satu kekayaan budaya bangsa Indonesia. Selain festival, juga diisi dengan lomba masak rica- rica Entog dan festival kolecer.

Menurutnya, bambu juga salah satu potensi yang ada di Kecamatan Sukasari.” Kita ingin mengangkat parawisata dan juga melestarikan seperti tema hari jadi Kabupaten Purwakarta,”ujar Anne.

Sementara itu, peserta menampilkan beberapa buah layang-layang yang sudah digambar dan juga nantinya akan diterbangkan oleh para peserta. (Rsd)