Bupati Purwakarta Hadiri Deklarasi ODF, Stop Buang Air Bersih

oleh -39 views

 

PURWAKARTA, garisjabar.com- Sebagai langkah nyata untuk mewujudkan Masyarakat Kabupaten Purwakarta yang bersih dan Sehat di tahun 2021.

Pemkab Purwakarta melaksanakan deklarasikan (ODF) atau stop buang air besar di Aula Yudistira. Jumat (7/4/2021).

Acara tersebut dihadiri oleh bupati Anne Ratna Mustika, OPD, camat serta para kepala desa.

Bupati Anne Ratna Mustika, dalam sambutannya sangat bersyukur atas predikat yang di peroleh di Kabupaten Purwakarta ini. “Alhamdulillah dalam acara ini, kita repleksi dan juga yang lainnya pun membuka mata kita, untuk syarat-sayarat supaya kita bisa memenuhi persyaratan itu sebagai Purwakarta sehat dan Purwakarta Istimewa baik ditingat provinsi maupun tingkat Nasional,”kata Bupati Anne.

Menurut Sekda Iyus Permana mengatakan, purwakarta pada tanggal 7 Mei mencapai diatas standar 60 persen dan kita sudah 61 persen.

“Jadi sudah diajukna ke Provinsi Jawa Barat dan akan ditetapkan menjadi salah satu Kabupaten sehat di Jawa Barat,” kata Iyus Permana.

Kata Iyus Permana, di Jawa Barat tinggal dua Kabupaten yang belum mendapatkan predikat sehat yaitu Kabupaten Purwakarta dan Majalengka.

“Alhamdulillah sekarang Kabupaten Purwakarta sudah dimasukkan kedalam katagori Kabupaten sehat, ditargetkan untuk tahun depan bisa 100 persen desa yang ODF.” Ujar Iyus Permana.

Namun kedepannya tinggal 39 persen kita di Bulan Desember sudah 100 persen, sekarang sudah 2 Kecamatan yang sudah bebas ODF yaitu Kecamatan Campaka dan Bungursari.

Sementara itu, untuk 12 Kecamatan pada bulan Desember akan bebas ODF, dan diharapkan dengan dikatagorikan Purwakarta kota sehat dipastikan masyarakat juga sehat dan sekarang bisa disandingkan dengan Purwakarta sehat dan Purwakarta Istimewa. (Rsd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *