Nadiem: Sebut Tak Lagi Menjamin Kompetensi

oleh -3 views

Garisjabar.com- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim berkomitmen mencetak pemimpin masa depan. Hal ini sebagai bentuk implementasi visi-misi Presiden Joko Widodo untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Lima tahun ke depan prioritas nomor satu adalah, ada satu mahasiswa yang keluar dia bisa apa? Sukses apa? Dan karakter seperti apa?” ujarnya saat memberikan sambutan di acara serah terima Rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2019-2024 di Balai Purnomo UI, Depok , Rabu (4/12/2019).

Ia mengatakan, visi-misi presiden harus diterjemahkan secara konsisten. Bukan hanya Kementerian, perguruan tinggi, dosen dan mahasiswa tapi seluruh masyarakat.

Namun saat ini, Indonesia sedang memasuki era di mana gelar tidak menjamin kompetensi untuk proses belajar.

“Memasuki era di mana kelulusan tidak menjamin kesiapan berkarya, akreditasi tidak menjamin mutu, masuk kelas tidak menjamin belajar,” kata dia.

Bahkan ini hal-hal yang harus segera disadari, dan akui. Permasalahan ini menjadi tantangan untuk mengubah sistem pendidikan dalam lima tahun ke depan.

“Kalau tidak bisa bicara terbuka mengenai isu-isu ini dan tidak bisa meningkatkan kualitas di dalam pembelajaran perguruan tinggi maupun di sekolah-sekolah. Ini tentunya akan menjadi tantangan tersendiri,” ucapnya. (Rht)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *