200.000 Benih Ikan Ditebar di Situ Embung Cikaret Kabupaten Bogor

oleh -177 Dilihat

BOGOR-Garisjabar.com

Sebanyak 200.000 benih ikan ditebar di Situ Embung Cikaret, Desa Harapanjaya, Cibinong, Kabupaten Bogor. Diharapkan, selain bisa dikonsumsi dalam beberapa bulan ke depan, ratusan ribu ikan itu dapat memperbaiki ekosistem situ.Minggu (8/9/2019).

Ketua Umum Keluarga Alumni Perikanan Undip (Kerapu), Abdul Kadir Karding, menyampaikan, visi pememerintahan Presiden Jokowi pada periode kedua yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

“Di sini relevansi perikanan, karena SDM harus dimulai bukan dari ilmu, tetapi gizi dan gaya hidup sehat. Perikanan adalah sumber gizi protein luar biasa. Itu kenapa kami dorong konsumsi ikan,” ujarnya.

Abdul Kadir Karding, mengatakan,  apa yang dilakukan Kerapu ini bukan hanya peduli lingkungan, dan mendorong orang konsumsi atau makan ikan, tetapi juga untuk menginspirasi seluruh kelompok peduli dan perhatian terhadap dunia perikanan.

“Oleh karena itu, kita dorong bagaimana perikanan menjadi perhatian pemerintah pusat, provinsi, kabupaten kota. Selain untuk kepentingan konsumsi, ekonomi kita akan terbangun dengan perikanan,” kata dia.

Potensi perikanan tidak hanya laut, payau, tetapi sudah saatnya kita kembangkan potensi perikanan air tawar untuk konsumsi, ekonomi, dan pariwisata. Ekonomi tumbuh, menyerap lapangan kerja, perikanan maju.

Lanjut, Ketua Panitia Pelaksana, Abdul Wahid menyebut, jumlah 200.000 ekor ditebar jenis ikan nilem dan mas didatangkan dari Balai Besar air tawar Sukabumi yang bisa dipanen sekitar tiga atau empat bulan ke depan. Selain menebar benih ikan, acara juga berlanjut lomba masak ikan.

“Tujuannya kita kenalkan dan biasakan masyarakat makan ikan. Sehingga protein hewan akan tercukupi, maka slogan kita Sehat Setunya, Sehat Masyarakatnya. Kita undang 100 peserta anggota Kerapu,” ujarnya.

Sambung, Ketua DPD Kerapu Jabodetabek, Tri Hariyanto menyebut, acara ini bentuk kepedulian dan agenda rutin Kerapu. Kata dia, hal itu pengabdian kepada masyarakat. Memberikan edukasi setu harus pelihara dengan baik.

“Tahun lalu kita lakukan (restocking) di Muara Tangerang. Kita tebar benih rajungan. Tahun lalu juga di Setu pamulang kita tebar benih ikan nilem. Mudahan di Setu Cikaret masyarakat desa Harapanjaya bisa merasakan manfaatnya,” ucapnya. (Rht)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *